28 Des 2018

Perbedaan Headset, Headphone, Backphone, Earphone, dan Handsfree

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kali ini saya akan membahas berbagai macam jenis dan perbedaan antara Headphone dkk. Why? Kadang dengar celetukan siswa yang salah sebut ketika meminjam earphone milik temannya.
"Headsetmu mana?"
"Pinjam headset dong!"
Fyuuhhh (tarik nafas). Tidak semua alat dengar ini dinamakan headset. Yuk disimak pembahasannya dibawah ini.

1. Headset
Headset merupakan aksesories alat elektronik dilengkapi dengan microphone yang sering digunakan untuk mendengarkan sekaligus digunakan untuk komunikasi. Headset biasanya digunakan untuk berkomunikasi seperti video call, bermain game online, dan call center.

2. Headphone
Headphone mirip bentuknya seperti headset tapi tidak dilengkapi dengan microphone. Karena hanya didesain untuk audio saja biasanya headphone digunakan untuk mendengarkan musik dan film. Tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi.

3. Backphone
Alat ini fungsinya sama seperti headphone. Hanya cara penggunaannya saja yang berbeda, yaitu memasangkan lingkarannya dibelakang kepala. Dan juga alat ini sering digunakan saat berolahraga.

4. Earphone
Earphone memiliki fungsi dan kegunaan yang sama seperti headphone. Bentuknya lebih kecil dan mudah dibawa kemana saja. Cara menggunakannya pun sangat gampang, yakni tinggal memasukkannya ke telinga bagian luar. Earphone juga terbagi beberapa macam yaitu:
a. Earbuds
Earphone berbentuk standar yang biasa didapat di dusbox handphone. Cocok bagi penggemar yang menyukai musik yang lebih mementingkan vokal.

b. Earfit
Earphone yang penggunaanya dilingkarkan di sekitar daun telinga sebelum dimasukan ke dalam lubang telinga. Alat ini cocok digunakan untuk berolahraga karena Earfit tidak akan mudah terlepas dari telinga.

c. In Ear Monitor (IEM)
Earphone ini penggunaannya dimasukkan sampai ke dalam telinga. Cocok bagi penggemar yang menyukai musik dengan tipe suara Bass.

5. Handsfree
Handsfree merupakan earphone yang memiliki microphone yang digunakan untuk berkomunikasi, dan memiliki tombol fungsi yang digunakan untuk menaikkan dan menurunkan volume atau menerima dan memutuskan panggilan. Handsfree biasanya tersedia dalam dusbox handphone. Seiring majunya perkembangan teknologi, berkembanglah bluetooth handsfree atau handsfree yang tidak menggunakan kabel. Lebih mudah dibawa kemana saja. Karena fungsinya sama orang lebih suka bilang earphone daripada handsfree.

Sekian penjelasan singkat mengenai perbedaan alat dengar ini. Walaupun umumnya masyarakat selalu menyebut semuanya dengan headset. Semoga setelah membaca penjelasan ini pembaca dapat menyadari walau fungsinya sama tapi memiliki cara penggunaan yang berbeda. Terima kasih, sayonaraaaa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar